Materi Lengkap Motor Listrik

Hai! :) kali ini aku bakal membantu kalian yang lagi nyari tugas IPA, yaitu materi tentang motor listrik. Bagaimana sih sejarah motor listrik? Dan siapakah penemunya? Dan bagaimana sih cara kerja motor listrik itu? Yuk langsung aja!

Sejarah Penemuan Motor Listrik

Thomas Davenport

Thomas Davenport, penemu asal Vermont, Amerika Serikat, pada tanggal 25 Feburari 1837 mematenkan rancangan motor listrik. Dalam paten tersebut, djelaskan bahwa alat tersebut merupakan aplikasi daya magnet dan elektromagnet untuk memutar mesin.
Pada tahun 1834, sebenarnya Davenport sudah mengembangkan motor listrik bertenaga baterai. Ia menggunakan motor tersebut untuk menggerakkan sebuah kendaraan model yang kecil yang berjalan di atas jalur khusus. Temuan ini membuka jalan untuk kemudia dikenal sebagai trem (streetcar).
Ia menemukan gagasan tersebut setelah berkunjung ke pabrik besi Penfield & Taft  di Crown Point, New York. Tempat tersebut telah menggunakan elektromagnet berdasarkan rancangan Joseph Hnery. Davenport lantas membeli elektromagnet dari Crown Point dan membongkarnya untuk memahami cara kerjanya. Davenport lalu membuat ulang elektromagnet yang lebih baik dan mengembangkan motor listrik.



Komponen Motor Listrik

Komponen motor listrik 
·         Power supply : merupakan kabel yang  mengalirkan arus listrik menuju ke motor listrik, ini akan dihubungkan ke sumber arus listrik , baik dari genset atau juga dari listrik dirumah kita 
·         Terminal box :  merupakan sebuah kotak kecil yang menempel pada badan motor listrik, biasanya akan berada di atas atau di bawah bagian dari motor listrik, terminal box ini fungsinya adalah sebagai tempat disambungkannya kabel-kabel yang berasal dari power suplai ke kabel-kabel milik motor listrik. 
·         Cooling fan :  ini fungsinya adalah untuk mendinginkan motor listrik , posisinya berada di ujung dari motor listrik itu sendiri, cooling fan terbuat dari bahan plastik keras, cara kerjanya mirip dengan kipas angin dirumah kita , yakni mengisap udara dan menghembuskannya ke badan motor listrik sehingga menjadi dingin. 
·         Bearing : bearing ini fungsinya sebagai bantalan tempat berputarnya poros, sehingga poros tetap berputar pada tempatnya. 
·         Drive pulley : komponen ini berfungsi untuk menyambungkan tenaga yang dihasilkan oleh motor listrik ke mesin-mesin, mesin ini bisa berupa mesin penghancur plastik , mesin press , mesin perajang rumput dan mesin-mesin lainnya. 
·         Selain itu masih ada juga komponen lainnya yakni centrifugal switch , stator dan rotor 

Prinsip Kerja Motor Listrik
Prinsip kerja motor listrik pada dasarnya sama untuk semua jenis motor secara umum :
  • Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya
  • ika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran/loop, maka kedua sisi loop, yaitu pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan.
  • Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar/ torque untuk memutar kumparan.
  • Motor-motor memiliki beberapa loop pada dinamonya untuk memberikan tenaga putaran yang lebih seragam dan medan magnetnya dihasilkan oleh susunan elektromagnetik yang disebut kumparan medan.
Dalam memahami sebuah motor, penting untuk mengerti apa yang dimaksud dengan beban motor listrik. Beban mengacu kepada keluaran tenaga putar/ torque sesuai dengan kecepatan yang diperlukan. Beban umumnya dapat dikategorikan kedalam tiga kelompok (BEE India, 2004) :
  • Beban torque konstan adalah beban dimana permintaan keluaran energinya bervariasi dengan kecepatan operasinya namun torque nya tidak bervariasi. Contoh beban dengan torque konstan adalah conveyors, rotary kilns, dan pompa displacement konstan.
  • Beban dengan variabel torque adalah beban dengan torque yang bervariasi dengan kecepatan operasi. Contoh beban dengan variabel torque adalah pompa sentrifugal dan fan (torque bervariasi sebagai kwadrat kecepatan).
  • Beban dengan energi konstan adalah beban dengan permintaan torque yang berubah dan berbanding terbalik dengan kecepatan. Contoh untuk beban dengan daya konstan adalah peralatan-peralatan mesin.

Prinsip kerja motor listrik dapat dijelaskan dengan lebih jelas melalui gambar berikut :

Prinsip kerja motor listrik


Jenis-Jenis Motor Listrik
Pada dasarnya motor listrik terbagi menjadi 2 jenis yaitu motor listrik DC dan motor listrik AC. Kemudian dari jenis tersebut digolongkan menjadi beberapa klasifikasi lagi sesuai dengan karakteristiknya.
Jenis-jenis motor listrik
Dari gambar diatas terlihat jelas pengelompokan jenis-jenis motor listrik. Jenis-jenis motor listrik diatas akan diuraikan secara lebih lengkap dalam artikel motor listrik DC dan motor listrik AC.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drama Bahasa Bali Komedi 6 Orang

Pidato Bahasa Inggris Tentang Lingkungan